Profil dan Kompetensi Lulusan

Profil Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Dasar:

  1. Tenaga pendidik/dosen (Sarjana PGSD, Magister Pendidikan Dasar, dan Doktor Pendidikan Dasar) yang mampu mengembangkan atau menemukan keilmuan pendidikan dasar yang berkarakter, inovatif, profesional, dan memiliki wawasan yang luas.
  2. Praktisi pendidikan (pengawas, kepala sekolah, guru, dan pengelola sekolah dasar) yang berkarakter, inovatif, profesional, memiliki wawasan yang luas, dan mampu mengembangkan serta menemukan inovasi pendidikan di sekolah dasar.
  3. Peneliti bidang pendidikan dasar yang mampu mengembangkan dan menemukan kebaruan dalam bidang ilmu ke-SD-an serta diakui di tingkat nasional maupun internasional.

Kompetensi Lulusan/Capaian Pembelajaran

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan sesuai bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Pengetahuan

  1. Menguasai dan menerapkan filsafat pendidikan serta teori pembelajaran di sekolah dasar untuk menemukan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. sebagai landasan pelaksanaan penelitian dalam bidang pendidikan dasar
  2. Membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni baru dalam bidang ilmu pendidikan dasar untuk menemukan karya kreatif, inovatif, original, dan teruji melalui penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
  3. Mengembangkan literasi data, teknologi, dan manusia berbasis budaya sebagai kompetensi dasar untuk bersaing pada era revolusi industri 4.0.

Keterampilan Khusus

  1. Membangun teori pendidikan dan pembelajaran pada pendidikan dasar yang sesuai bidang kajian dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual melalui riset dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner;
  2. Menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pendidikan dasar sehingga menghasilkan karya yang kreatif, inovatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu yang mendapat pengakuan nasional maupun internasional;
  3. Menyusun kebijakan, model, atau program pendidikan dasar yang dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu, relevansi, atau akses pendidikan dasar melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.
  4. Mampu melakukan perluasan keilmuan pendidikan dasar dalam bentuk model/pendekatan/metode pembelajaran baik bersifat kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler yang mengangkat potensi lokal sebagai sumber pembelajaran;

Keterampilan Umum

  1. Memiiki kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan dan menemukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru yang berkontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dengan menerapkan nilai humanioradi bidang pendidikan dasar melalui penelitian ilmiah dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
  2. Mampu bersikap kritis dalam gagasan keilmuan, teknologi, atau seni di bidang pendididkan dasar berdasarkan fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertang- gungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik melalui publikasi ilmiah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;
  3. Menampilkan kemampuan kepemimpinan mengelola penelitian yang berada di bawah tanggungjawabnya melalui hubungan kolegial dan kesejawatan secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  4. Memiliki perilaku bertanggungjawab dalam menjalankan tugas dan fumgsinya dalam pendidikan dasar;
  5. Memiliki kemampuan komunikasi menggunakan bahasa nasional dan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.